Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Dan Cara Menjadi Freelancer Pemula Termudah Melalui Internet

Tips Dan Cara Menjadi Freelancer Pemula

Pixabay-Tips Dan Cara Menjadi Freelancer Pemula

Mempunyai suatu pekerjaan sangat didambakan banyak orang entah yang dapat penghasilan tetap ataupun yang paruh waktu (Freelancer).

Bagi anda yang sudah memiliki penghasilan tetap atau seorang mahasiswa yang menginginkan penghasilan tambahan sebagai uang jajan ataupun sebagai tabungan dan investasi, perlu sebuah cara yaitu menjadi freelancer pemula melalui internet.

Apa sih sebenarnya freelancer itu?

Apa Itu Freelancer?

Freelancer adalah sebuah pekerjaan atau istilah yang diberikan kepada seseorang yang berkerja sebagai sambilan atau paruh waktu dan tidak terikat kontrak jangka panjang pada suatu usaha atau perusahaan penyedia pekerjaan Freelance.

Bagi anda mungkin sebagian besar sudah paham tentang freelancer ,tapi tahu gak  sih kalau freelancer punya tipe masing-masing, simak penjelasan dibawah ini

Baca Juga Cara Praktis Menghasilkan Uang Dari Internet Bagian 1

  1. Moonligter, yaitu seorang freelancer yang bekerja paruh waktu sebagai sampingan dari pekerjaan tetap
  2. Diversified Worker, pekerja paruh waktu yang mengurusi berbagai bidang proyek dan berbeda klien
  3. Temporary Worker, freelancer yang menjalankan pekerjaan secara kontrak pada suatu perusahaan namun bersifat sementara
  4. Freelance Business Owner, seseorang yang memiliki bisnis sampingan sebagai penghasilan tambahan diluar pekerjaan utama.

Cara Menjadi Freelancer Pemula

Untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari bekerja paruh waktu atau freelance,anda perlu mengetahui terlebih dahulu yang menjadi keunggulan anda itu apa? Kemudian baru memulai menjadi freelancer, tapi akan saya bahan terlebih dahulu cara memulai menjadi freelancer pemula

Maksimalkan skill anda dan mulai menentukan mau menjadi freelancer pada bidang apa

  • Pilih tipe freelancer yang cocok untuk anda
  • Cari tempat freelancer sesuai skill yang anda tentukan
  • Buat portofolio yang menarik mengenai skill yang anda kuasai
  • Bangun soft skill freelance ketika berhadapan dengan klien
  • Buat harga untuk klien
  • Bangun hubungan baik dengan klien
  • Atur kerja anda dengan konsisten.

Kemudian apabila anda telah menentukan langkah-langkah cara memulai menjadi freelancer dengan baik dan benar,selanjutnya anda harus mengerti lebih lanjut tips memulai freelancer tersebut bagaimana? terus apa saja tantanganya.

Ikuti pembahasan terperinci tentang cara memulai menjadi freelancer pemula melalui internet dibawah ini

1. Menentukan  Skill

Ada banyak ketrampilan yang dibutuhkan oleh suatu usaha atau perusahaan pada soerang freelancer, misalnya anda adalah seorang mahasiswa jurusan Desain Grafis dan DKV. 

Dan ingin mendapatkan uang tambahan untuk biaya hidup, menjadi freelancer jasa pembuatan logo, banner, vector, gambar ilustrasi, dll menjadi jawaban yang paling tepat.

Bukan hanya untuk mendapatkan uang tambahan tapi juga bisa menjadi pengalaman untuk karir anda setelahnya ketika sudah lulus kuliah.

2. Tipe Kerjaan Freelance

Setelah menemukan skill dan bidang yang akan anda pilih sebagai freelancer melalui internet,langkah selanjutnya anda harus menentukan bagaimana tipe kerjaan yang akan anda ambil.

Seumpana anda memilih sebagai Desain Grafis ,yang akan anda jual kepada klien itu bentuk apa? jasa pembuatan logo, ebook pembelajaran tentang Desain Grafis. 

Atau sebuah video pembelajaran kepada klien,ini harus jelas apabila anda memiliki klien tidak bingung tentang apa yang anda jual.

Kemudian tentukan kapan anda berkerja sebagai freelancer, karena yang saya contohkan tadi adalah seorang mahasiswa maka yang harus anda pilih adalah menjadi freelancer Moonligter, Diversified worker, atau Freelancer business owner.

3. Cari Tempat Freelancer Melalui Web

Cara memulai yang ketiga ini sangat penting sebagai pemula untuk membangun sebuah nama brand anda karena belum memiliki testimoni sebagau bahan pembuatan portofolio.

Anda tinggal mencari tempat/website penyedia pekerjaan freelance, ada dua macam yang perlu anda pahami yaitu website untuk freelancer bidang umum atau khusus

Website freelancer bidang umum

  • Sribulancer.com
  • Freelancer.co.id
  • Upwork.com

Website freelancer bidang khusus

  • Sribu.com
  • 99designers.com
  • Fiverr.com

Maksudnya bidang umum dan khusus adalah apabila website tersebut menyedian job freelancer bidang  umum berarti ada banyak orang yang bermacam-macam skillnya, contoh pada websites Freelancer.co.id terdapat banyak job pada bidang yang berbeda yaitu ada jasa penulisan, penerjemah, desain grafis, web development,dll

Lalu untuk bidang khusus hanya menyediakan untuk job dank lien yang membutuhkan jasa khusus, contohnya pada website fiverr.com yang hanya terdapat job tentang desain grafis saja.

4. Buat Portofolio

Setelah anda mendapatkan klien jangan lupa untuk memberikan rating dan ulasan sebagai bahan untuk membuat testimoni anda yang selanjutnya akan membuat klien lebih percaya mengenai skill yang anda jual.

Untuk cara membuat portofolio yang menarik adalah sebagai berikut 

  1. Buat biografi tentang diri anda dengan singkat namun berbobot
  2. Jika anda memilih sebagai tipe freelancer yang mengerjakan bebagai bidang usahakan jangan campur pada satu portofolio namun alanglah baiknya dipisah
  3. Buat job deskripsi karya yang anda jual
  4. Masukkan testimoni
  5. Tetap aktif dengan selalu mengecek secara online

Baca Juga 7 Tips Mempercepat Koneksi Internet 

Lalu tentukan dimana anda membuat portofolio ,bisa di sebuah media sosial (Instagram,facebook,Linked),atau melalui sebuah website.Buatlah potofolio yang menarik dan dapat membuat klien percaya tentang skill atau jasa yang anda jual.

5. Bangun Soft Skill Ketika Berhadapan Dengan Klien

Soft Skill  yang dimaksud adalah cara anda ketika berhubungan dengan klien, mulai dari cara berkomunikasi,problem solving,cara mengatasi kalau klien kejar deadline, management stress anda, teamwork, dan cara anda mengorganisir skill anda.

6. Tentukan harga dengan cara riset

Tidak kalah penting ketika seseorang menjadi freelance hal yang menjadi tujuan akhir adalah uang,tidak mungkin seorang freelancer yang menjual jasanya tapi malah rela untuk tidak bayar  atau dalam kata lain babu wkwk.

Maka dari itu seorang freelancer harus menentukan harga yang bida membuat anda untung dan pihak klien juga nyaman dikantong.

Cara menentukan harga adalah sebagai berikut

  1. Tentukan berapa banyak modal yang anda buat dan berapa lama anda mengerjakan job dari klien tesebut
  2. Riset dengan competitor atau saingan anda,semakin murah dan berkualitas akan membua klien tergoda dengan jasa yang anda pamerkan
  3. Tentukan harga sesuai tingkat ketrampilan anda,contohnya apabila seorang pemula jangan pasang harga yang melebihi senior atau orang yang lebih berpengalaman
  4. Berdasarkan budget klien anda
  5. Tentukan harga dari banyak job yang dikerjakan atau per jam.

7. Buat Hubungan Baik Dengan Klien

Ketika anda sudah memiliki klien jaga hubungan baik dengan selalu bersikap memberikan solusi kepada apa yang sedang klien anda permasalahkan.Dan apabila hubungan baik telah terjalin dan bisa menjadi klien langganan pasti akan lebih enak  dan bisa membuat anda konsisten dan bisa juga malah menjadi pengasilan tetap.

Cara paling umum agar membagun hubungan baik dengan klien adalah seperti dibawah ini

  • Komunikasi yang baik
  • Tunjukan kerja terbaik anda
  • Tunjukan pengalaman anda untuk membangun kepercayaan

8. Atur Konsistensi Kerja

Sebagai freelancer pemula melalui internet masalah pribadi adalah rasa malas atau terlalu banyak beban, ini terjadi karena anda sebagai freelancer adalah bos bagi diri anda sendiri. 

Jadi harus selalu bisa mengatur dan membuat apa yang menjadi tanggung jawab anda itu bisa terlaksana sebaik mungkin. Atau anda bisa saja membuat agar anda lebih konsisten dengan

  1. Pahami kebiasaan anda ketika mengerjakan job
  2. Atur jadwal sendiri dan harus dijalankan dengan disiplin
  3. Tetap istirahat dan berlibur
  4. Sering bersosialisasi

Kelebihan Dan Kekurangan Freelance

1. Kelebihan

  • Anda akan menjadi bos ketika menjadi freelancer
  • Membuat anda lebih berfikir kritis
  • Penghasilan tambahan
  • Lebih bahagia

2. Kekurangan

  • Harus berfikir dan bertindak lebih keras
  • Kemungkinan sulit untuk kebutuhan jangka panjang
  • Sering Nolife karena terlalu bekerja dirumah
  • Job tidak menentu
  • Pemasukan tidak stabil

Itulah tips dan beberapa cara menjadi freelancer pemula paling muda, apabila ada pernyataan dan kata-kata yang kurang tepat bida berikan pertanyaan dan saran anda pada kolom komentar.

Baca Juga Cara Praktis Menghasilkan Uang Dari Internet Bagian 2

Ekouw
Ekouw Nama Eko, seorang konten writer yang membagikan konten melalui Blogger

Posting Komentar untuk "Tips Dan Cara Menjadi Freelancer Pemula Termudah Melalui Internet"