Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjual Foto Di Shutterstock Sebagai Penghasilan Tambahan 2021

Cara Jual Foto di Shutterstock 2021

Cara Jual Foto di Shutterstock 2021

Sudah memiliki perkerjaan utama yang punya penghasilan tetap,dan hobi foto atau mengambar dan ingin mendapatkan uang dari internet untuk penghasilan tambahan.
Ada cara menjual foto online disebuah situs yaitu Shutterstock, sebelumnya emang bisa jual foto di internet?jawabannya ya tentu bisa, akan saya bahas terlebih dahulu apa sih kok menjual foto online.

Menjual foto online ini seperti halnya anda mempunyai sebuah produk yang akan dijual melalui internet dan kemudian anda mendapatkan uang.

Namun bedanya adalah yang anda jual berupa foto/atau gambar yang tidak harus packing sampai kirim paket pakai jasa kurir, tetapi anda sebagai penjual foto cukup mengupload dan tunggu sampai ada yang download.

Dengan ketentuan si pendownload harus membayar terlebih dahulu sebelum mengunduh foto yang anda jual lewat e-wallet.

Ada banyak cara menjual foto online salah satunya lewat situs Shutterstock, bagi anda yang sudah baca artikel dari halotips yang sebelumnya tentang cara menjual foto online dari sebuah situs akan paham prosesnya.

Namun untuk kali ini yang sebagai rekomendasi saya akan mengulas cara menjual foto di Shutterstock, ikuti langkah-langkah dibawah ini

Baca Juga Cara Praktis Menghasilkan Uang Dari Internet Bagian 1

Cara Menjual Foto Di Shutterstock

Apa Itu Shutterstock?

Shutterstock merupakan bagian dari Microstock dan sudah memiliki jangkauan internasional dan memiliki lebih dari 100 juta foto atau gambar dari ribuan contributor dari seluruh dunia.

Situs paling popular dalam hal menjual foto atau hasil gambaran contributor ini sudah juga memiliki berbagai macam menu bukan hanya tentang foto dan gambar hasil karya contributor saja,namun  pada tampilan terdapat  situsnya yaitu Images,Footage,Music,Template,Editorial,Tolls,dan Enterprise.

Kenapa saya bilang bukan hanya foto hasil dari fotografi saja karena juga terdapat banyak karya daro desain grafis seperti Ilustrasi,dan Vector. Shutterstock memiliki dua paket dasar untuk pembeli foto, yaitu berlangganan(subscription) dan sesuai permintaan(On Demand).

Pada permintaan atau On Demand masih dibagi menjadi dua jenis, yaitu sesuai On Demand dengan ukuran S dan M, dan sesuai permintaan dengan ukuran Any SIze. 

Sebenarnya, masih ada paket lain, yaitu yang Enhanced gambar lisensi, yang merupakan paket dengan lisensi yang berbeda dari lisensi lain, karena lisensi ini dikhususkan untuk papan iklan, serta penggunaan barang-barang yang serupa, dan produk serupa.

Baca Juga Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Bagian 2

Nah, dari pembelian setiap paket, Anda dapat menikmati penghasilan dari menjual foto Anda. Langganan reguler dihargai dengan harga per gambar sekitar Rp. 5.000 / unduh. 

Sementara sesuai On Demand  dengan ukuran S dan M, biasanya dihargai dengan per gambar sekitar Rp. 50.000 / unduh. Adapun On Deman Any size, memiliki harga per gambar hampir 130.000 / unduh.

Jika Anda dapat mencapai gambar lisensi yang paling tinggi , dapat mengantongi nilai harga yang layak, yaitu sekitar Rp. 1.000.000 / unduh.  

Bayangkan jika Anda memiliki banyak foto yang disimpan, dan masing-masing foto Anda dijual dengan baik diunduh dari seluruh dunia. Tentu saja penghasilan Anda juga akan tinggi dan bisa dikatakan sebagai penghasilan Unlimited atau tidak terbatas.

Cara Memulai Berjualan Foto Di Shutterstock

Shutterstock adalah salah satu situs Microstock favorit dengan berbagai marketplace dan tingkat penjualan yang sangat tinggi. 

Dibandingkan dengan produk Microstock lainnya, Shutterstock memberikan penghasilan yang terbukti besar dibandingkan dengan agen Microstock lainnya.

Untuk anda para  fotografer yang ingin mendapatkan penghasilan berupa dolar yang tidak terbatas segera melalui penjualan foto di Shutterstock, Anda dapat mengikuti metode di bawah ini. Inilah langkah-langkahnya:

Siapkan bahan bahan pendaftaran terlebih dahulu dibawah ini

  1. Siapkan Email aktif
  2. Paspor atau Kartu identitas (KTP) untuk verifikasi akun sebagai jaga jaga apabila diminta informasi tambahan karena sebelumnya tidak dianjurkan pakai kartu identitas
  3. Siapkan1 foto dengan dengan kualitas yang baik
  4. PayPall, Payoneer dan Moneyskrill (sebagai metode pembayaran). Sebagai saran Anda harus menggunakan Payoneer. Karena selain daftar itu cukup mudah, cara pencairan yang mudah dari $ menjadi IDR.

Untuk langkah pendaftaran sangat mudah seperti biasa ikuti aja tutorialnya dibawah ini

1.Buka browser dan ketikkan Shutterstock pada menu pencarian,lalu klik

2.Scroll ke paling bawahn dan cari “Sell Content” lalu klik

Shutterstock 

3.Kemudian pilih tombol Sign Up pada bagian pojok kanan atas dan kemudian akan keluar sebuah menu pop up

Baca Juga Cara Membuat Tulisan Unik Di WhatsApps

Shutterstock Create Account

4.Lalu isikan sesuai diri anda kemudian klik Continue,dan anda disuruh verifikasi di pesan akun email anda,setelah itu login menggunakan akun yang telah terverifikasi

5.Jika sudah bisa login ,anda akan dibawa pada tampilan “please enter your address” dan isikan sesuai alamat tempat tinggal anda ,setelah itu klik next

Shutterstock Enter Address

6.Lalu aka nada tampilan “welcome to the community,we can’t wait to see your best work”,ini menyuruh anda apabila sudah meyiapkan foto akan anda jual silahkan klik saja “Upload Images”

7.kemudian anda akan dibawa pada menu dashboard ,jika anda ingin mengupload foto klik saja “Upload Content”dan kemudian anda akan dibawa pada tampilan dibawah ini.Karena saya tidak memilikifoto yang akan saya jual untuk cara upload silahkan anda improve sendiri.

Shutterstock  Upload 

 8.Setelah semuanya selesai anda upload ,kemudian tunggu dari reviewer untuk meninjau foto atau gambar anda layak atau tidak.Dan mulai hasilkan dari menjual foto di Shutterstock.

Persyaratan Mengenai Foto/Gambar Yang Anda Upload

Ada kondisi yang harus dipenuhi untuk  foto untuk diunggah di shutterstock. 

Namun bukan hanya foto hasil kamera saja yang bisa diunggah, seperti logo misalnya.

Dan untuk cara jual logo di shutterstock, diperlukan beberapa syarat seperti dibawah ini. 

Jadi, pastikan Anda memenuhi persyaratan. Cobalah untuk melihat dan memperhatikan kebutuhan foto shutterstock berikut:

  1. Foto harus asli tanpa adanya tambahan sebuah objek milik orang lain
  2. Foto yang menggunakan model (pria, wanita, atau anak-anak) harus disertai dengan  pernyataan bahwa model setuju jika foto digunakan untuk memasarkan keperluan pembeli dan tidak akan menuntut, pembeli saat digunakan masih dalam kriteria Shutterstock.
  3. Foto tidak mengandung elemen merek atau merek dagang.

Jika foto yang Anda unggah telah lulus pilihan, foto akan segera muncul di halaman situs web shutterstock. Untuk setiap foto Anda yang terlah terbeli, Shutterstock akan mengirim informasi penghasilan kemajuan. 

Namun, pencairan pendapatan tidak dapat dilakukan jika akumulasi pendapat belum mencapai USD 200. Sedangkan jika telah mencapai batas minimum , pendapatan akan segera ditransfer melalui akun  PayPal anda.

Itulah cara menjual foto di Shutterstock menurut versi dar halotonik, jika ada pernyataan atau kata-kata yang kurang menarik dan kurang berkenan bisa berikan pertanyaan atau saran dikolom komentar.

Ekouw
Ekouw Nama Eko, seorang konten writer yang membagikan konten melalui Blogger

Posting Komentar untuk "Cara Menjual Foto Di Shutterstock Sebagai Penghasilan Tambahan 2021"