Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Dalam Bidang Transportasi

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Dalam Bidang Transportasi

Halotonik.my.id -  Teknologi ramah lingkungan dalam bidang transportasi adalah mobil listrik, yang bakah bakar utamanya berasal dari baterai. Dikatakan ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan asap yang bisa menyebabkan polusi udara.

Selain itu ada juga mobil surya yang memanfaatkan sinar matahari kemudian menjadi energy penggerak mesin mobil. Karena masih dalam penelitian dan sedang diuji, mobil surya belum tersebar ke masyarakat secara pribadi. Namun entah kapan jadinya, mobil surya akan menadi teknologi masa depan yang ramah lingkungan.

Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang transportasi diatas akan sangat berguna bagi umat manusia dimasa depan, selain karena bahan bakar yang semakin menipis, teknologi tersebut juga solusi untuk bahan bakar alternatif beberapa tahun kemudian.

Adapun teknologi ramah lingkungan lainnya yang sudah tercipta dan menjadi sumber energy dalam beberapa bidang adalah sebagai berikut.

Inilah 10 Teknologi Ramah Lingkungan

1. Mobil Listrik

Sama seperti yang kita kenali, tersedianya bahan bakar fosil semakin hari makin tipis. Disamping itu, pemakaian tipe bahan bakar ini bisa hasilkan emisi yang menghancurkan lingkungan. Maka dari itu, ada pengembangan pembikinan mobil listrik yang lebih ramah lingkungan.

Walau banyaknya masih jauh kalah dari mobil konservatif, diharap pemakaian tipe mobil ini akan bertambah. Selainnya ramah lingkungan, perawatannya juga lebih gampang.

2. Biogas

Siapa kira kotoran hewan bisa digunakan untuk hasilkan biogas yang berguna untuk penuhi keperluan energi manusia. Biogas dibuat oleh kegiatan peragian beberapa bahan organik. Sebetulnya bukan hanya kotoran hewan, kotoran manusia dan sampah lokal dapat digunakan sebagai biogas.

Kenapa kotoran bisa dijadikan sumber energi? Karena ada karbondioksida dan metana pada kotoranlah yang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan atau listrik. Selainnya irit ongkos, bahan bakar biogas lebih ramah lingkungan dan jadi jalan keluar pintar dalam pengendalian sampah.

3. Panel Surya

Panel surya ialah piranti yang dikenali sanggup mengganti sinar jadi listrik. Pengembangan irit energi ini kerap disebutkan sel photovoltaic yang memiliki arti sinar listrik. Sel ini tergantung pada dampak photovoltaic untuk mempernyerap energi matahari dan mengakibatkan arus mengucur di antara dua susunan yang muatannya bersimpangan.

Solar cell bukan penemuan baru, tetapi tehnologi ramah lingkungan ini mempunyai potensi dipakai makin luas di Indonesia. Untuk sekali instalasi, pemakai akan mendapat sumber daya energi periode panjang tanpa tinggalkan sampah atau pencemaran.

4. Lampu Seumur Hidup

Gagasan membuat lampu sepanjang umur tiba dari mahasiswa Fakultas Perikanan dan Pengetahuan Kelautan Kampus Brawijaya. Lampu irit energi ini sebagai jawaban untuk masalah kritis energi yang menerpa bumi.

Bersamaan perkembangan warga yang semakin cepat, keperluan energi lurus sebanding dengan keadaan itu. Sementara suplai energi dengan bahan fosil semakin hari makin memprihatinkan. Dikutip Tempo.co, satu kelompok mahasiswa dari kampus itu manfaatkan bakteri bioluminescence untuk membuat lampu sepanjang umur.

Bakteri yang ada pada badan cumi-cumi ini sanggup keluarkan sinar warna biru. Makin bertambah jumlah kandungan bakterinya, karena itu lampu akan makin jelas.

Selainnya ramah lingkungan, pemikiran ongkos produksinya juga cukup ekonomis karena bisa digunakan sepanjang umur. Karena, bakteri yang mati akan hasilkan indukan baru.

5. Lemari Es Tanpa Listrik

Keperluan akan almari pendingin sudah jadi hal harus untuk warga di Indonesia. Ini memberikan inspirasi terbentuknya kulkas atau almari es tanpa listrik yang dibikin oleh Arya Nardhana dan Sanika Putra, pelajar SD Al Azhar 14 Semarang.

Diambil dari Detik.com, kulkas tanpa listrik ini dibuat berbahan styrofoam, pasir, dan air dingin. Almari es dengan mekanisme simpel ini sanggup jaga sayur masih tetap fresh sampai 1 minggu.

6. Lantai Pemroduksi Listrik

Stasiun ramah lingkungan pertama kalinya digagas oleh Jepang semenjak 2008. Tempat stasiun ramah lingkungan ini memakai lurusan keramik yang berperan mengganti penekanan jadi tegangan listrik. Hasilnya, makin bertambah orang berakhir lalang dan berjalan pada lantai itu, karena itu energi yang dibuat akan makin bertambah.

Bumi yang hijau dan kaya keberagaman hayati sebagai karunia sekalian titipan dari Tuhan. Pasti sebagai makhluk paling bermoral, seyogyanya kita berperanan lebih aktif dalam jaga dan melestarikan lingkungan hidup.

7. EcoATM

Walau tehnologi ini belum diaplikasikan di Indonesia, diharap secepat-cepatnya Indonesia bisa adopsi tehnologi mesin ramah lingkungan ini. EcoATM ialah sebuah kios atau anjungan yang berperan beli kembali handphone dan MP3 Player sisa punya pemakai secara automatis.

Untuk yang kekurangan uang di tengah-tengah bulan, ATM ini sebagai penyelamat. Mesin bekerja menganalisa keadaan barang dan cari harga paling tinggi di pasar. Bila pemakai sepakat dengan yang ditawari oleh mesin, karena itu pemakai cukup ambil uangnya.

EcoATM selanjutnya akan jual handphone atau MP3 player sisa ke pengguna lain atau mendaur ulangnya. Selainnya menangani permasalahan keuangan, mesin ini dapat juga menahan bocornya senyawa beresiko ke tanah hingga berperan jaga alam.

8. Peti Mati Mudah Terurai

Peti mati yang gampang tergerai ini diberi nama Ecoffin. Perusahaan yang berasal dari Colorado Amerika Serikat membuat pengembangan peti berbahan khusus pembikinan berbentuk pelepah pisang, pandan, bambu, kayu pinus, dan beberapa bahan yang lain.

Peti mati ini lebih ramah lingkungan bila dibanding dengan sistem kremasi yang memakai kayu bakar biasa. Proses kremasi memerlukan energi dengan intensif tinggi hingga bisa hasilkan emisi ke atmosfer.

9. Kincir Angin

Angin bisa digunakan sebagai alternative sumber energi pengganti bahan bakar yang berasal dari fosil. Energi angin bisa digunakan untuk gerakkan baling-baling atau kincir yang selanjutnya hasilkan tipe energi lain yaitu energi kinetik, seperti energi listrik untuk beragam kepentingan.

Mekanisme kincir angin merupakan sumber energi ramah lingkungan yang tidak mengakibatkan pencemaran udara. Pasti ini berlainan dengan energi listrik yang dibuat oleh bahan bakar non terbarukan yang memberi imbas perlu untuk atmosfer, dan mengancam udara sekitar.

Contoh negara yang mengaplikasikan tehnologi ramah lingkungan kincir anfin ialah negara Belanda. Disamping itu, implementasi di Indonesia sudah dilaksanakan di PLTB Sidrap sebagai wujud memanfaatkan alam untuk menghasilkan neraga yang ramah lingkungan.

10. Taman di Atap Rumah

Telah banyak bangunan yang membuat taman di atap rumah. Ada taman pada bagian atap ini berperan mempernyerap panas dan kurangi CO2. Ada beberapa tumbuhan di atap rumah akan membuat rumah lebih ramah lingkungan dan membuat bangunan terlihat semakin cantik.

Tempat tinggal dengan taman di atap rumah (rooftop garden) ini terbanyak dijupai di Selandia Baru dan Islandia.

Itulah contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang transportasi dan juga 10 contoh teknologi ramah lingkungan yang ada dimuka bumi ini.

Ekouw
Ekouw Nama Eko, seorang konten writer yang membagikan konten melalui Blogger

Posting Komentar untuk "Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Dalam Bidang Transportasi"