Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Koneksi Internet Lebih Cepat Di Laptop

Cara Membuat Koneksi Internet Lebih Cepat Di Laptop
Cara Membuat Koneksi Internet Lebih Cepat Di Laptop

Halotonik.my.id Mempercepat jaringan wifi di laptop akan membuat kinerja kegiatan Anda dapat berjalan dengan lancar tandap adanya Lag. Seperti ketika ada pertemuan online via Zoom, dan koneksi jaringan lemot, pembahasan dalam pertemuan itu akan terhambat.

Maka dari itu diperlukan sebuah cara atau metode dalam memperbaiki jaringan wifi di laptop agar dapat digunakan dengan lancar tanpa adanya kendala atau lemot. Bukan hanya digunakan sebagai signal untuk meeting online saja, jaringan wifi dapat digunakan untuk mendownload sebua file dengan cepat apabila tidak lemot.

Lantas bagaimana cara mempercepat koneksi internet di laptop atau PC, berikut adalah tutorialnya.

Cara Percepat Jaringan Wifi Di Laptop Dan Pc

Untuk percepat jaringan wifi di perangkat computer punyamu, benar-benar gampang dijalankan. Anda perlu lakukan cara gampang dan perangkat penting sebagai pendukung, atau bahkan juga hanya setting pada bagian dalam laptop atau pc anda.

Agar dapat memaksimalkan kinerja anda dalam menggunakan laptop dengan internet yang lancar, baca langkah dan cara secara lengkap di bawah ini.

1. Check status antena router

Status antena router dapat tentukan kecepatan akses internet lho, toppers. Karena itu, sedapat mungkin yakinkan antena router pada kondisi berdiri. Karena pada status ini, router dapat semakin efisien dalam pancarkan signal internet ke beragam perangkat yang Anda pakai.

2. Melakukan network reset dan flushing dns

Flush dns dipakai untuk mereset cache dns klien (computer) yang dipakai untuk sesuaikan info dari peralihan yang terjadi di suatu domain, name server, dns dengan data baru.

Bila Anda melakukan, umumnya akan menangani permasalahan akses internet yang tidak konstan.

Langkah reset network dan cara flushing dns:

  1. Membuka command prompt dengan click kanan, dan pilih run as administrator.
  2. Tuliskan ipconfig /flushdns lalu tekan enter pada keyboard.
  3. Sesudah usai, tuliskan ipconfig /renew lalu enter.
  4. Tutuplah command prompt dan coba gunakan koneksi internet.

3. Pakai router berkualitas

Bila semua langkah di atas sudah Anda kerjakan satu demi satu namun tetap tidak berhasil, kemungkinan akar permasalahannya ada di router tersebut. Kemungkinan umur router punyamu telah lumayan lama atau sudah alami kerusakan sampai performnya turun. Bisa saja Anda memakai perangkat kelas low-end.

Karena itu, yakinkan router Anda punyai kualitas yang baik. Dan, bila tidak, keluarkan sedikit uang untuk beli router baru dengan kualitas yang lebih bagus akan menolong Anda dalam pastikan signal internet di dalam rumah selalu lancar dan cepat.

4. Mengatur irpstacksize lebih tinggi

Langkah tingkatkan jaringan wifi yang lain dengan atur irpstacksize semakin tinggi. Bila Anda tingkatkan nilai ini, karena itu Anda bisa mendapat kecepatan internet yang lebih maksimal. Secara standar, nilai irpstacksize ini ialah 15, walau sebenarnya nilai ini dapat ditambahkan sampai 50.

Karena itu, Anda harus menukar penataan itu, triknya seperti berikut:

  1. Click start > run > tuliskan "regedit" (tanpa pertanda kutip) untuk buka registry editor.
  2. Click ke arah hkey_local_machinesystemcurrentcontrolsetserviceslanmanserverparameters.
  3. Di folder patokan itu, click kanan pada file dword namanya "irpstacksize", click modify, dan tukar nilainya jadi 50.
  4. Bila file itu tidak diketemukan, buat file dword baru dengan click kanan, new, dword nilai. Buat bernama "irpstacksize" dan nilai nya 50.

5. Pilih tempat dengan signal wifi kuat

Salah satunya poin utama sebagai langkah percepat jaringan wifi yaitu memastikan computer Anda memperoleh signal yang maksimal. Lokasi wifi sebagai salah satunya hal penting yang menjadi factor pemasti.

Pastikan untuk menimbang beberapa hal berikut untuk signal wifi yang lebih bagus:

Jauhi menempatkan router di lokasi yang terhambat tembok atau besi.

Anda dapat memakai repeater, alat yang berperan untuk tangkap signal wifi dan memancarkannya kembali, sebagai salah satunya langkah percepat jaringan wifi. Taruh pada wilayah yang kurang signal wifi.

Hindari perlengkapan-peralatan yang memakai bluetooth atau microwave baik dari router atau computer. Signal perlengkapan-peralatan itu akan mengganggu performa signal wifi.

6. Ubah pengaturan qos

Untuk pemakai computer atau netbook dengan mekanisme operasi windows 8 ke atas, windows secara standar membagikan 20% bandwidth untuk keperluan windows up-date, dan 80% bandwidth yang ada untuk internet Anda.

Hingga salah satunya langkah percepat jaringan wifi yang dapat Anda coba ialah atur penuh lebar pita untuk internet Anda.

Triknya, yaitu seperti berikut:

  1. Click start > run > tuliskan "gpedit.msc" (tanpa pertanda kutip).
  2. Click ke arah local komputer kebijakan > komputer configuration > administrative templates.
  3. Click network selanjutnya qos packet scheduler.
  4. Click 2x (ganda klik) pada limit reservable bandwidth.
  5. Click menu enable. Kemudian isilah nilai 0 pada bandwidth limit.
  6. Click apply.
  7. Re-start computer dan coba hubungkan kembali internet anda.

7. Tentukan saluran dengan pemakaian paling rendah

Salah satunya permasalahan yang kerap di temui berkaitan lambannya jaringan wifi ialah kekeliruan penyeleksian "saluran". Signal wifi jalan lewat kanal-kanal yang berada di ruangan terbuka.

Bila di suatu saluran ada beragam jenis signal yang jalan, signal bisa menjadi bertumpang-tindih dan bisa mengusik keduanya.

Pada akhirannya bisa terjadi data loss dan signal harus di rebroadcast, yang hendak berbuntut pada pengurangan kecepatan internet Anda.

8. Check kecepatan internet

Saat akses internet wifi lelet, Anda harus kenali apa permasalahannya. Satu diantaranya, yakni dengan memeriksa kecepatan internet wifi Anda.

Bila akses internet Anda terhalang tetapi benar-benar tidak mendapati permasalahan pada rotuer, kemungkinan internet lelet ialah dari penyuplai service internet tersebut.

9. Check kemampuan signal wifi

Selainnya kecepatan internet, Anda harus juga check berapa kuat signal yang dikeluarkan oleh router wifi Anda.

Untuk mengeceknya, Anda dapat manfaatkan program khusus untuk check keuatan signal wifi, seperti netspot, wireshark, amped, cloudcheck, dan yang lain.

Yakinkan signal wifi ada di range -60 decibel-milliwatts (dbm) sampai lebih -50 dbm atau di atasnya. Bila di bawah -70 dbm, signal yang dikeluarkan kurang kuat dan tidak sanggup memberi akses internet yang bagus.

10. Pakai software untuk analitis wifi

Anda dapat memakai software wifi analyzer gratis seperti free inssider utility untuk menyaksikan saluran mana dengan pemakaian terbanyak.

Sesudah Anda ketahui saluran yang mana bisa Anda pakai, Anda dapat atur saluran pada penataan router yang Anda pakai.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Laptop Dengan CMD

Oneksi wifi yang lemot tentu hanya membuatmu kesal saja, bukan? Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara mempercepat koneksi wifi dengan CMD. Terlebih saat ini internet menjadi kebutuhan dasar bagi banyak orang mulai dari untuk urusan pendidikan, hiburan, hingga pekerjaan.

1.Ping CMD

Alternative  pertama yang dapat Anda coba untuk dapat percepat atau memantapkan jaringan dengan lakukan ping CMD. Pasti Anda sangat akrab dengan langkah ini, kan?

Langkah percepat jaringan wifi dengan CMD ping ini benar-benar gampang dilaksanakan, dan caranya mempercepat internet dengan CMD ping. Beberapa langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Membuka menu CMD yang ada di pirantimu dengan mengeklik start dan dapatkan CMD pada kolom search.
  2. Masukan perintah ipconfig/all dan pencet enter.
  3. Anda dapat menyaksikan sisi standar gateway. Jika memang perlu tulis ip addressnya.
  4. Apabila sudah, Anda dapat ping alamat ip itu. Makin kecil time-nya, karena itu makin cepat juga data internet yang diterima.

2.Memakai netsh

Langkah percepat jaringan wifi dengan CMD windows 7 yang lain dengan memakai netsh. Netsh mempunyai peranan komposisi di bagian penataan jaringan yang erat berkaitan dengan internet.

Maka bila setiap saat Anda alami masalah akses internet, karena itu langsung bisa jalankan perintah netsh di bagian CMD. Berikut langkah gampangnya:

  1. Click start dan tentukan menu search.
  2. Apabila sudah, Anda dapat masukan perintah CMD dan ketok enter.
  3. Pada halaman CMD, Anda dapat masukkan perintah int tcp set global chimney=enabled.
  4. Tambah perintah int tcp set global autotuninglevel=normal.
  5. Tambah perintah kembali int tcp set global dca=enabled.
  6. Input kembali perintah int tcp set global netdma=enabled.
  7. Input kembali perintah int tcp set global ecncapability=enabled.
  8. Masukan int tcp set global congestionprovider=ctcp.

3.Dengan reset alamat ip

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa memengaruhi jaringan internetmu. Misalkan, ada persoalan di bagian ip dengan pemakai yang lain.

Bila ini, karena itu Anda langsung bisa lakukan reset pada alamat ip saja. Ketahui langkah resetnya sebagai berikut ini. Langkah ini bisa dilaksanakan untuk pemakai windows 8:

  1. Click tombol windows pada keyboard pirantimu.
  2. Tentukan search dan masukan perintah CMD. Janganlah lupa pencet enter.
  3. Pada halaman CMD, Anda dapat masukan perintah ipconfig/release dan ketok enter.
  4. Nantikan sesaat sampai proses betul-betul usai.
  5. Apabila sudah, input kembali perintah ipconfig/renew dan pencet enter.
  6. Kembali tunggu hingga proses usai dilaksanakan.
  7. Saat proses usai, karena itu Anda langsung bisa memeriksa kecepatan akses internetmu.
  8. Tetapi jika saja belum normal kembali, karena itu Anda dapat lakukan flush dns. Langkah ini bisa juga dicoba pada jaringan lan.

Itulah cara membuat koneksi internet lebih cepat di laptop, anda dapat menggakalinya dengan menggunakan CMD atau secara eksternal dengan cara service ke tukang reparasi ika diperlukan.

Ekouw
Ekouw Nama Eko, seorang konten writer yang membagikan konten melalui Blogger

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Koneksi Internet Lebih Cepat Di Laptop"