Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Strategi Pemasaran Online Shop Yang Perlu Anda Ketahui

7 Strategi Pemasaran Online Shop

Pixabay- 7 Strategi Pemasaran Online Shop

Dalam menghasilkan uang dari internet pada sebuah bisnis online shop  perlu sebuah strategi pemasaran bisnis  karena merupakan tombak kuat yang meningkatkan profit bisnis online anda.

Strategi yang dimaksud adalah menyusun rencana dengan berfikir kebelakang sebagai target yang harus anda capai.

Dari berbagai literasi atau pelatihan  online shop  yang pernah saya ikuti, ada berbagai cara untuk bisa mendapatkan pembelian melalui melalui internet, namun saya akan memberikan opini dari saya  menjadi 5 hal yaitu

Baca Juga Cara Praktis Menghasilkan Uang Dari Internet Bagian 1

7 Strategi Binsis Online Shop

1. Pemanfaatan Kata Kunci SEO

Pada cara ini, Anda membuat halaman yang teroptimasi pada kata kunci yang “Buying keyword”. 

optimasi yang saya maksudkan disini adalah optimasi baik on page maupun off page, sehingga diharapkan orang orang yang menemukan halaman anda tersebut adalah benar benar orang yang sedang ingin belanja. 

Aplikasinya adalah langsung buat halaman berisi tentang ulasan produk yang spesifik. misalnya kalau mau jualan televisi, yang Anda optimasi dengan kata kunci “televisi+nama serinya”. 

Contoh Anda optimasi dengan kata kunci Samsung J2 Prime misalnya seperti itu. Harapannya ketika orang mengetikkan kata kunci tersebut di Google search engine, halaman Anda lah yang tampil, dan dengan cara ini, akan meningkatkan konversi online shop anda. 

Banyak orang yang sukses dengan teknik ini, karena memang apabila bisa melakukannya dengan benar.

2. Membangun Data Base Pelanggan

Cara inilah yang banyak dilakukan oleh para internet marketer terkenal di dunia . Sistem yang dilakukan adalah membuat Blog atau site dengan topik tertentu, lalu Anda pasang autoresponder disana. 

Anda membuat komunikasi yang baik dan bersifat personal. Setelah beberapa saat ketika komunikasi terjalin (melalui email otomatis ) maka diharapkan akan terbangun keercayaan, dan ketika sudah pada tahap seperti itu, Anda tinggal nawarin produk produk yang sesuai dengan topik tersebut. 

Cara inilah yang paling efektif, sehingga pembeli itu menjual berdasarkan kepercayaan. Untuk mendapatkan databaase pelanggan, anda bisa memanfaatkan berbagai macam cara mulai dari sistem SEO ataupun dengan berbayar, misal dengan iklan di google adword

Baca Juga 5 Komponen Bisnis Online

3. Aktif Di Komunitas Atau Group Satu Topik

Anda juga  bisa memanfaatkan website tempat kumpulnya visitor visitor yang satu topik. Misal Anda buat forum, memanfaatkan facebook atau juga dengan promosi di direktori-direktori. 

Contohnya Anda adalah pedagang grosir, ya promosi di alibaba, atau indonetwok dan lain serbagaianya.

Atau bisa menggunakan teknik culik member di Facebook lalu jadikan teman anda kemudian tawarkan produk yang sedang anda jual, contohnya anda termasuk dalam anggota jual beli kaos polos dan kebetulan anda juga sedang ingin menjual kaos polos. 

Maka cari di setiap komentar postingan di group tersebut orang yang kemungkinan akan membeli lalu jadikan teman anda dan tawarkan produk tersebut.

4.Membuat Online Shop Di Marketplace

Berikutnya adalah bergabung pada suatu Marketplace atau e-commerce. Saat ini bukan asing lagi kalau bisnis online semakin banyak peminatnya. 

Namun, sayangnya ada pihak tertentu yang melakukan modus penipuan melalui toko online pada sebuah media sosial.

Solusi untuk membuat pelanggan tidak takut untuk berbelanja online, bergabung di sebuah e-commerce atau Marketplace menjadi pilihan yang sangat tepat. 

Alasan yang membuat pemilik bisnis ingin membuat toko online Anda sendiri di Marketplace adalah karena pembayaran lebih aman karena pihak ketiga atau yang menengahi  bertanggung jawab.

Membuat Online Shop dengan bergabung dengan Marketplace atau e-commerce, Anda juga memiliki kesempatan untuk bertemu dengan pelanggan baru yang mencari produk yang sesuai dengan deskripsi produk. 

Ini juga dapat meningkatkan branding produk Anda di komunitas atau group yang sedang anda ikuti.

Baca Juga cara Menghasilkan Uang Melalui Blog

5. Tentukan Target Pemasaran

Dalam suatu bisnis walau sekalipun tidak ada transaksi penjualan, target pemasaran atau audience adalah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Cobalah untuk selalu menetapkan  target pasar produk anda  untuk waktu tertentu. 

Strategi pemasaran bisnis online yang satu  ini dilakukan karena agar penjualan benar benar terjadi karena tidak semua orang menginginkan atau membutuhkan produk yang akan anda  jual.

Dengan memiliki target pasar tertentu,bertujuan untuk menjadi sebuah solusi atas kalangan tertentu yang membutuhkan, yang akhirnya akan membuat Anda lebih mudah untuk memilih strategi pemasaran yang tepat untuk hasil yang lebih maksimal.

Contohnya, target pasar Anda adalah lingkaran muda milenial, membuat pemasaran yang tampaknya gaul dan tidak ketinggalan jaman atau bisa juga menawarkan produk yang sedang viral untuk kalangan muda hits.

6. Gunakan Media Sosia Untuk Mempromosikan Produk

Dengan memanfaatkan media sosial masih efektif untuk digunakan dan mudah diterapkan sebagai alat pemasaran toko online Anda. 

Ada banyak media sosial yang masih kuat digunakan oleh orang Indonesia saat ini seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, YouTube, Twitter, dll.

Beberapa media sosial yang populer tersebut, pilih media sosial yang ingin Anda fokuskan pada target pemasaran untuk mempromosikan, karena apabila memilih semua untuk menjalankan, Anda akan ribet dan pasti bermasalah. 

Untuk mengatasinya sehingga disarankan untuk memilih Satu atau dua media pertama atau dua yang ingin Anda fokuskan, misalnya memilih Facebook dan Instagram.

Apabila Anda telah memilih media sosial yang ingin Anda gunakan, fokuslah dengan menekuni secara konsisten  dan buat rencana terlebih dahulu. 

Siapkan fitur atau tool di media sosial yang dapat Anda gunakan, misalnya di Instagram ada fitur-fitur Instagram, Feed Instagram, Instagram Live, dan lainnya, jika di Facebook Suka, Facebook Story, Facebook Post, Fanpage, Grup Facebook, dan banyak lainnya terlalu.

Dari kedua platform media sosial tersebut bisa juga anda menjangkau audience yang lebih luas dan terperinci menggunakan pengiklanan atau Facebook dan Insatgram Ads,namun ini untuk berbayar atau tidak gratis  Lakukan langkah diatas dan pastikan Anda memilih dengan benar dan selalu konsisten dan disiplin .

Baca Juga Menjual Foto/gambar Melalui Internet

7. Buat Konten Marketing Yang Menarik

Strategi pemasaran bisnis online yang selanjutnya adalah mengenai pembuatan Content Marketing,dalam pembuatan konten ini yang paling populer adalah menggunakan kata-kata ajakan yang dapat merayu calon konsumen anda.

Bukan hanya itu konten yang dibuat pun harus berkualitas dan menarik minat calon pembeli

Dalam membuat konten yang menarik, harus mengetahui jenis konten yang dapat Anda buat seperti konten foto, video, artikel, promo, dll. 

Begitu banyak konten yang dapat Anda buat, coba buat masing-masing konten ini dengan ide fresh, tentu saja diselingi dengan kalimat atau kata yang dapat memprovokasi interaksi pelanggan Anda, seperti memberikan pendidikan tentang produk kemudian memberikan pertanyaan sehingga bisnis mulai dipercaya oleh calon pelanggan Anda.

Hal penting pada tahap ini konsisten pembuatan  konten menjadi  strategi dalam menggunakan media sosial, membuat konten dari setiap media sosial dan memberikan jadwal pos untuk memasarkan produk Anda. 

Banyak pemilik toko online gagal karena tidak konsisten dalam memproduksi konten. Cara yang paling mudah dan dasar untuk Anda adalah dengan buat jadwal untuk memposting ke media sosial , tentu saja disesuaikan dengan konten yang Anda buat, jika terbiasa maka  akan membuat konten berkualitas menarik dengan cepat dan dalam jumlah besar.

Itulah meteri tentang strategi pemasaran online shop atau jualan online yang dapat saya sampaikan,apabila ada pernyataan yang kurang tepat bisa berikan pertanyaan di kolom komentar.

Ekouw
Ekouw Nama Eko, seorang konten writer yang membagikan konten melalui Blogger

Posting Komentar untuk "7 Strategi Pemasaran Online Shop Yang Perlu Anda Ketahui"